Note from Jury InamaFest 2016

Kagum. Itulah kesan yang kami dapatkan ketika melihat satu-satu karya dari peserta InamaFest 2016. Dari 134 peserta dan 198 karya yang masuk, jelas terlihat bahwa animasi Indonesia telah memperlihatkan progres yang luar biasa.

Tim Juri INAMAFEST 2016
Tim Juri INAMAFEST 2016

Kalau beberapa tahun lalu para animator masih dibebani permasalahan teknis, saat ini terasa bahwa hal teknis bukan lagi kendala. Tantangannya telah bergeser dari permasalahan teknis ke kreativitas. Masalah teknis telah terlampaui. Begitulah kesan yang kami dapatkan.
InamaFest 2016 diikuti oleh beberapa kalangan pelaku animasi, dari mulai level profesional, non profesional, sampai kepada pelajar dan mahasiswa. Ide dan gagasan yang mereka ciptakan juga beragam. Dari mulai permasalahan sosial sampai imajinasi fiktif.
Kemajuan industri animasi Indonesi telah sampai kepada sebuah titik dimana para pelaku dan karya karyanya sudah sudah mulai “beranjak dewasa”. Dan seperti kebiasaan anak anak yang mulai memasuki usia dewasa, mereka mulai berani untuk mencoba hal-hal baru, hal-hal yang selama ini belum pernah ditembusnya.
Harapan kami dari team juri InamaFest adalah semoga perhelatan animasi yang telah berakhir tanggal 4 Desember kemarin menjadi sebuah semangat yang bisa menghantarkan para pelaku animasi Indonesia untuk lebih bisa menembus batas kretaivitas yang lebih jauh. Kita sudah membuktikan bahwa keterbatasan tidk pernah menjadi hambatan untuk kita berkarya.

Maju terus animasi Indonesia…

Indra Jaya
Ketua team Juri InamaFest 2016